Pengurus Yayasan Unisma Melakukan Information Updating untuk Penyempurnaan Statuta

Kamis, 09 Agustus 2018 - 10:40 WIB
Diposting oleh: Administrator

Pengurus Yayasan UNISMA Sebagai Badan Penyelenggara Universitas Islam Malang dan Politeknik UNISMA Malang Melakukan Information Updating untuk Penyempurnaan Statuta dengan Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Permenristekdikti No 16 Tahun 2018

 

Dalam rangka penyempurnaan Statuta, Pengurus Yayasan UNISMA yang diwakili oleh Ketua bidang pendidikan dan kerjasama (Dr. Ir. Mudawamah, M.Si) mengikuti kegiatan sosialisasi Permenristekdikti No 16 tahun 2018 tentang Statuta Perguruan Tinggi di Surabaya pada tanggal 7 Agustus 2018 yang diselenggarakan oleh Kantor LLDIKTI Wilayah VII, Gedung Amarta Ruang Harsono Lt.2. Jl. Dr.Ir.H. Soekarno No 177 Surabaya.

Informasi terbaru tentang Statuta perguruan tinggi ada beberapa hal diantaranya adalah:

Statuta ditetapkan oleh Badan Penyelenggara merupakan landasan seluruh kegiatan badan pelaksana
Statuta memuat pemetaan pengaturan Tridharma PT, Pengaturan pengelolaan PT dan pengaturan lain (Gambar 1).

Gambar 1. Pemetaaan Statuta berdasarkan Permenristekdikti No. 16 tahun 2018

Pengaturan Tridharma PT harus memuat 24 standar (standar nasional pendidikan ditambah dengan standar penelitian dan standar pengabdian kepada masyarakat), sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengaturan pengelolaan PTS paling sedikit menyangkut otonomi perguruan tinggi swasta, pola pengelolaan perguruan tinggi swasta, tata kelola perguruan tinggi swasta; dan
akuntabilitas publik perguruan tinggi swasta, yang ditetapkan oleh badan penyelenggara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pengaturan hal lain PTS paling sedikit menyangkut ketentuan lain (dasar perubahan statuta, keterlibatan pimpinan PTS, Senat dan badan penyelenggara pada proses perubahan statuta) ketentuan peralihan dan ketentuan penutup.


Komponen yang Wajib diupload di web

Tahun terbit minimal adalah 2015
Penyusun statuta adalah wakil unsur PTS (pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan), senat, dan badan penyelenggara.

Posted by Mudawamah (9 Agustus 2018)