Bidang Usaha Yayasan Unisma Menginisiasi Networking Pelaku Usaha Kopi dan Olahannya Melalui Webinar

Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:46 WIB
Diposting oleh: Administrator 01

Di tengah situasi pandemic Covid-19 dan Era New Normal ini, semua aspek kehidupan mengalami perubahan termasuk dunia usaha bidang perkebunan kopi dan olahannya.  Sektor kopi memiliki peran penting bagi NKRI karena Indonesia merupakan Negara penghasil kopi terbesar keempat dunia di bawah Brazil, Vietnam dan Kolombia pada tahun 2019.  Perkebunan kopi dan olahannya di Indonesia sebagian besar dikelola oleh perkebunan rakyat (swasta) ini juga mengalami hambatan,  ditambah situasi sekarang berkaitan dengan pembatasan akses dan sosial distancing semakin menekan dunia usaha kopi.   Disisi lain, prediksi permintaan kopi dalam bentuk processing atau non processing dari dalam dan luar negeri ke depan cenderung meningkat.


Webinar bidang Usaha Yayasan Universitas Islam Malang ini ingin memberikan forum untuk bisa melakukan sharing berbagai informasi ‘peluang dan tantangan” guna menunjang usaha perkebunan kopi dan olahannya yang mandiri dan berkelanjutan dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Pada seminar ini juga menghadirkan berbagai pembicara utama dari lembaga pemerintah dan praktisi swasta dan peserta dari akademisi dan praktisi (Gambar 1).  Peserta dari berbagai kalangan mulai dari dinas perkebunan, penggiat kopi, konsumen kopi, pengusaha kopi dan olahannya, akademisi, mahasiswa, IKA UNISMA, guru, Muslimat NU, Aliansi  Petani Kopi, UMKM kopi dan olahannya, Medik Veteriner.  Peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Malang raya, Prigen, Rembang, Surabaya, Banyuwangi, dan Wilayah Jatim dan Jateng, Dompu dan Bima NTB serta Aceh Tenggara.

Gambar 1. Narasumber dan Moderator serta

                    Penanggap Webinar “Usaha Kopi”

Secara garis besar target diadakannya Webinar ini adalah sebagai berikut: Sharing berbagai peluang dan tantangan usaha perkebunan kopi dan olahannya; Mempertemukan para pelaku usaha dan akademisi; Memetakan sumber daya berbagai usaha perkebunan kopi dan olahannya; Menunjang keberlanjutan usaha; Membentuk networking antar peserta guna pengembangan usaha perkebunan kopi dan olahannya di Indonesia melalui WA Grup “usaha kopi”.